Sabtu, 12 Februari 2011

Mari Membaca Karakter, Kunci Seorang Partner Pendidikan..!

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB
apakabar sahabat???
semoga hari ini kita berada dalam keadaan baik, aamiin..
Menjadi partner pendidikan merupakan bagian dari nafas saya kini..
banyak hal yang saya dapatkan di dalamnya.
keingintahuan, kepenasaran akan sesuatu, terutama hal-hal yang berkaitan dengan GEOSFER. Membuat saya betah berlama-lama di dalamnya, seperti misalnya jika kita mengetahui akan sebuah tajuk yang sedang hangat di perbincangkan di berbagai media, maka hal itu dapat kita urai dan diskusikan bersama. Itulah yang biasa saya lakukan di sebuah ruangan yang biasa disebut kelas :)
Bersama mereka siswa-siswi saya di kelas secara santai demi mengambil makna keseriusan dari pemikiran alami saya seringkali melakukan sharing.

Pada awal-awal tahun mengajar ada kebingungan dalam benak saya dalam membaca situasi karakter di kelas. Meski sebenarnya pembelajaran akan sebuah karakter tidak akan pernah berhenti saya pelajari karena setiap tahun berganti, saya tentunya disodorkan dengan berbagai karakter yang unik. Jadi pembelajaran karakter takkan pernah selesai sepanjang hayat. Sampai akhir menutup mata.

Membaca karakter bukan berarti kita menjadi pandai menerawang orang. Membaca karakter hanya bagian dari proses pembelajaran ari seorang yang mengabdikan diri sebagai PARTNER PENDIDIKAN.

Apa yang bisa saya baca?
Apa yang bisa saya baca dari siswa-siswi saya di dalam kelas? pertama saya senang melihat binar mata mereka, mata merupakan kunci masa depan (bukan berarti saya seorang yang suka menghipnotis, hahaha saya bukan bagian dari itu). Selanjutnya sikap dan keseluruhan sifat mereka.

Di dalam kelas saya biasa memancing siswa-siswi berfikir aktif akan apa yang terjadi di sekeliling mereka, nah dari beberapa pemikiran alami merekalah biasanya pada akhirnya kami menemukan sebuah pemikiran ilmiah yang tentu saja sedikitnya akan memberikan arahan mengenai pembelajaran geografi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar